Dari Kursus Rumahan Menjadi Lembaga Pendidikan Resmi dan Berprestasi

Standar

Setelah melewati tahun-tahun pertama merintis usaha kursus di Rumah Belajar Cirebon, kami mulai dituntut untuk membuat usaha kursus yang tak hanya rumahan, namun menjadi sebuah lembaga pendidikan yang resmi.

Diawali dengan hadirnya beberapa penilik dari Dinas Pendidikan kota Cirebon ke Rumah Belajar Cirebon pada bulan Mei 2009, mereka menganjurkan kami untuk segera mengurus surat izin operasional. Sehingga mulai tanggal 30 Juli 2009, Rumah Belajar Cirebon sudah mempunyai sertifikat resmi izin operasional dari Dinas Pendidikan sebagai LKP yang berada di bawah naungan bidang Pendidikan Non Formal (PNF).

Izin operasional tersebut berlaku selama 3 tahun, sehingga setiap 3 tahun sekali kami harus memperpanjangnya kembali. Setelah Rumah Belajar Cirebon resmi menjadi LKP yang mempunyai izin operasional, aku sering diundang dalam setiap kegiatan yang berhubungan dengan Dinas Pendidikan bidang Non Formal. Baik itu undangan untuk kegiatan rapat, seminar, pelatihan, hingga acara berbuka puasa bersama seluruh LKP resmi lain di kota Cirebon.

Melalui pertemuan-pertemuan tersebut, efek positifnya kami jadi bisa saling mengenal antar LKP, baik secara personal dengan pimpinannya maupun secara kelembagaannya. Mayoritas LKP yang kukenal tersebut memang bertujuan menghasilkan tenaga kerja yang siap dan terampil. Seperti LKP Tata Rias Pengantin dan Kursus Kecantikan, LKP Tata Boga, LKP Kursus Mengemudi, LKP Tata Busana, dan LKP Komputer.
Kalaupun ada LKP Kursus Bahasa Asing, biasanya LKP tersebut sudah memiliki kelas khusus untuk mahasiswa dan orang-orang yang sudah bekerja. Tujuannya untuk disalurkan di bidang pariwisata atau perhotelan.

Berbeda dengan kursus yang kubuka di Rumah Belajar Cirebon. Semua program yang ada justru diperuntukkan anak-anak. Tujuannya agar mampu menguasai mata pelajaran bahasa Inggris dan matematika di sekolah serta untuk mengasah bakat anak-anak di bidang seni menggambar.

Pada sekitar tahun 2013 ada perwakilan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini yang datang ke Rumah Belajar Cirebon untuk melakukan penilaian kinerja lembaga. Pada saat itu terus terang saja aku masih agak bingung. Sebab belum ada persiapan sama sekali.

Apalagi bapak perwakilan Ditjen PAUDNI tersebut meminta berbagai macam berkas yang memang sejak awal belum pernah kami buat secara terperinci seperti LKP resmi lainnya. Sebab aku tak pernah terpikir sebelumnya bahwa tempat kursus yang sebelumnya hanya ditujukan untuk mencari teman belajar buat Salma ini akan menjadi lembaga resmi.

Maka ketika sertifikat hasil penilaian kinerja telah dikeluarkan, aku sudah bisa memperkirakan hasilnya. Sertifikat yang telah ditandatangani oleh Direktur Pembinaan Kursus dan Pelatihan di Jakarta pada tanggal 24 April 2014 itu memberi nilai C pada kinerja lembaga kami.

Tapi apa pun hasilnya, kami tetap bersyukur dan bisa menerima hasilnya, mengingat pada kenyataannya kelengkapan dokumen kami memang masih minim. Semoga hasil penilaian kinerja ini bisa menjadi pemicu bagi kami untuk lebih memperhatikan kelengkapan dokumen dan administrasi nantinya.

Pada tahun 2013 Rumah Belajar Cirebon juga telah terdaftar resmi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dengan dikeluarkannya kartu Nomor Induk Lembaga Kursus dan Pelatihan (NILEK).

Setelah itu pada tanggal 4 Juni tahun 2015 para penilik dari Dinas Pendidikan kota Cirebon Bidang PNF mendukung kami untuk mengikuti lomba Keteladanan PAUDNI tingkat Bakorwil Cirebon. Alhamdulillah pada lomba tersebut, Rumah Belajar Cirebon meraih juara 1. Sehingga kami mendapatkan penghargaan dari Dinas Pendidikan kota Cirebon dan Walikota Cirebon.

Selanjutnya Rumah Belajar Cirebon kembali mengikuti lomba LKP Standar Nasional Kategori Berkinerja C/D Bidang Non Vokasional Tingkat Provinsi Jawa Barat. Semua persyaratan administrasi, berkas dan dokumen penting harus segera dilengkapi guna menunjang penilaian tersebut. Seperti Surat Keterangan Domisili, NPWP LKP, Akte Notaris untuk Pendirian LKP dan Yayasan Rumah Belajar Cirebon, rekening Bank atas nama LKP Rumah Belajar Cirebon, Surat Izin Operasional LKP yang masih berlaku, Kartu NILEK, NSPN dan Bukti Pengesahan Yayasan Rumah Belajar Cirebon dari Menkumham.

Syukurlah suamiku bergerak cepat dengan dibantu Pak Akhmad Yani (guru dan sekretaris LKP Rumah Belajar Cirebon) dan Bu Iis Ngasiah (penilik dari Dinas Pendidikan kota Cirebon Bidang PNF) dalam melengkapi semua dokumen tersebut.

Pada lomba ini Rumah Belajar Cirebon alhamdulillah meraih juara 3 tingkat Provinsi Jawa Barat. Pada tanggal 25 November 2015 aku menerima penghargaan langsung dari Gubernur Jawa Barat bersama para pimpinan LKP lain dari berbagai kota di Jawa Barat yang telah meraih prestasi pada even yang sama.
Semua prestasi yang telah diraih oleh Rumah Belajar Cirebon tersebut adalah berkat dukungan suami, bantuan Pak Akhmad Yani serta kerjasama yang baik dengan staf dan guru Rumah Belajar Cirebon. Jazakumullah khairan katsira.

Dari waktu ke waktu Rumah Belajar Cirebon terus berusaha memperbaiki kinerja lembaga, staf dan guru-gurunya agar menjadi lembaga yang semakin profesional sesuai dengan visi dan misi.

Akhirnya tibalah saatnya kami harus segera mengurus akreditasi lembaga. Tentu saja ini bukan tugas yang mudah. Karena berkas yang harus dipersiapkan juga tidak sedikit. Apalagi semua berkas tersebut harus memenuhi 8 Standar Pendidikan sebagai berikut:
1. Standar Kompetensi Lulusan
2. Standar Isi
3. Standar Proses
4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
5. Standar Sarana dan Prasarana
6. Standar Pengelolaan

7. Standar Pembiayaan
8. Standar Penilaian Pendidikan

Karena banyak dan rumitnya berkas yang harus kami persiapkan itu, aku membentuk tim dari staf dan guru lalu membagi tugas pengumpulan berkas dari setiap Standar Pendidikan tersebut.

Sempat terjadi kemacetan selama beberapa bulan karena timbulnya kebingungan dan kejenuhan saat pengumpulan berkas tersebut.

Sampai kami berulangkali diingatkan oleh pengurus Bidang PNF Dinas Pendidikan Kota Cirebon. Sehingga kami kembali mengumpulkan berkas yang dibutuhkan.

Ketika Tim Asesor dari Pusat sudah mulai ditetapkan dan jadwal penilaian akreditasi sudah diagendakan, aku bersama staf dan beberapa orang guru (Pak Akhmad Yani, Saddam Husein, Bu Tri dan Ms. Hesti) bekerja keras sampai malam melengkapi berkas dan borang yang dibutuhkan.

LKP Rumah Belajar Cirebon mendapat jadwal hari pertama visitasi di kota Cirebon, yaitu pada hari Senin, 22 Oktober 2018.
Bertepatan dengan Hari Santri Nasional, visitasi yang merupakan rangkaian dari proses akreditasi akhirnya dilaksanakan di LKP Rumah Belajar Cirebon. Yang bertindak sebagai asesornya adalah Bu Eti Rusmiati SE., MM dari Sumedang dan Bu Retno Wiyati, S.Pd. dari Bandung.

Pada hari itu hadir juga Bapak Kabid Pembinaan PAUD PNF, Ibu Kasi Kelembagaan dan Sarpras Paud PNF, Bapak Kasi Kurikulum, Bapak Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter, serta Ibu Penilik LKP dari Dinas Pendidikan Kota Cirebon sebagai tamu undangan. Bapak Kepala Dinas Pendidikan berhalangan hadir karena sedang ada kegiatan lain.

Hati kami rasanya dag dig dug saat berkas dan borang yang telah kami kumpulkan dan kami klasifikasikan sesuai Standar Pendidikan tersebut satu persatu mulai dicocokkan dan dinilai oleh para Asesor. Apalagi ketika kami ditanya-tanya secara detail oleh mereka.

Sejak pagi hingga Isya barulah visitasi berakhir. Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan mereka sebelum pulang.

Setelah beberapa bulan menunggu hasil akreditasi dengan harap-harap cemas, akhirnya sertifikatnya dikirim juga melalui web BAN PAUD. Ketika kami buka, alhamdulillah kami mendapat nilai B.

Jazakumullah khairan katsira kusampaikan kepada suamiku, staf dan guru, khususnya yang sudah bekerja lembur sampai malam hari menjelang visitasi.

Dengan telah terakreditasinya LKP Rumah Belajar Cirebon, semoga usaha kami yang semula hanya berupa kursus rumahan ini bisa menjadi lembaga kursus yang lebih profesional dan berprestasi. Ya Alalh berkahilah usaha kami dan semua yang terlibat di dalamnya. Aamiin ya rabbal’aalamiin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.